Setelah dinasionalisasikan,De Javasche Bank berubah menjadi…..

Setelah dinasionalisasikan,De Javasche Bank berubah menjadi…..

Jawaban:

Setelah dinasionalisasikan De Javasche Bank berubah menjadi … Bank Indonesia  

Pembahasan:  

De Javasche Bank adalah bank pertama di Indonesia (saat itu disebut sebagai Hindia Belanda). Bank ini didirikan pada tahun 1828 atas perintah Raja Willem I. Bentuk dari bank ini adalah Nammlooze Vennotschap atau perseroan terbatas.

Dalam sejarahnya De Javasche Bank ini berkembang pesat. Pada tahun 1881, sebuah kantor De Javasche Bank dibuka di Amsterdam. Kemudian disusul pembukaan kantor di New York. Pada tahun 1930 De Javasche Bank memiliki enam belas kantor cabang di Hindia Belanda: Bandung, Cirebon, Semarang, Yogyakarta, Surakarta, Surabaya, Malang, Kediri, Banda Aceh, Medan, Padang, Palembang, Banjarmasin, Pontianak, Makassar, dan Manado.

De Javasche Bank dioperasikan sebagai bank swasta dan menawarkan jasa simpan pinjam baik pada perorangan serta peruahaan.

Setelah kemerdekaan Indonesia perusahaan-perusahaan milik Belanda di-nasionalisasi, menjadi perusahaan negara.  Bank Indonesia didirikan pada 1 Juli 1953 dari nasionalisasi De Javasche Bank, dan kemudian menjadi bank sentral, yang bertugas menerbitkan mata uang Rupiah dan menjaga kestabilan moneter Indonesia.