1.Suatu gerak terencana, terarah, terkoordinasi dan terkendali disebut . . . . *

1.Suatu gerak terencana, terarah, terkoordinasi dan terkendali disebut . . . . *
a. gerak dasar pencak silat
b. teknik dasar pencak silat
c. strategi pencak silat
d. pola pencak silat
2. Sasaran dalam melakukan gerakan, baik pada waktu melakukan pembelaanmaupun serangan adalah . . . . *
a. gerakan
b. arah
c. langkah
d. pukulan
3. Perubahan injakan kaki dari suatu tempat ke tempat lainnya dinamakan . . . . *
a. geseran
b. lompatan
c. langkah
d. loncatan
4. Cara memindahkan sasaran dari arah serangan dalam pencak silat dinamakan . . . . *
a. serangan
b. pembelaan
c. tangkisan
d. elakan
5. Cara pembelaan dengan mengadakan kontak langsung dengan lawan dalampencak silat dinamakan . . . . *
a. serangan
b. pembelaan
c. tangkisan
d. elakan
6. Usaha pembelaan yang dilakukan dengan menggunakan lengan atau kakiuntuk mengenai badan lawan dalam pencak silat dinamakan . . . . *
a. serangan
b. pembelaan
c. tangkisan
d. elakan
7. Serangan yang menggunakan lutut sebagai alat penyerangan, dengan sasarankemaluan, dada, dan pinggang belakang dalam pencak silat dinamakan . . . . *
a. tendangan
b. dengkulan
c. guntingan
d. pukulan
8. Gerakan menjatuhkan lawan yang dilakukan dengan menjepit keduatungkai kaki pada sasaran leher, pinggang, atau tungkai lawan sehinggalawan terjatuh dalam pencak silat dinamakan . . . . *
a. tendangan
b. dengkulan
c. guntingan
d. pukulan
9. Untuk menghindari pukulan lawan, maka gerakan yang harus dilakukanadalah . . . . *
a. mengelak
b. menebak
c. menangkis
d. menghindar
10. Sasaran gerakan memukul lawan adalah . . . . *
a. dada
b. pinggang
c. punggung
d. perut

Jawaban:

1. a. gerak dasar pencak silat

2. b. arah

3. c. langkah

4. d. elakan

5. c. tangkisan

6. a. serangan

7. a. tendangan

8. c. guntingan

9. a. mengelak

10. a. dada

 

Penjelasan:

Berikut ini adalah pembahasan tentang jawaban di atas

  • No. 1 jawaban ada pada opsi A karena suatu gerakan yang terencana dan terkendali serta terkoordinir merupakan pengertian dari gerak dasar. Opsi B teknik dasar dalam pencak silat antara lain: kuda-kuda, sikap pasang, arah, pola langkah, pukulan, tendangan, tangkisan, guntingan. Opsi C  strategi hanya berupa pemikiran yang akan dituangkan dalam gerakan saat melakukan pertandingan. Opsi D pola pencak silat adalah salah satu dari teknik dasar.
  • No. 2 jawaban ada pada opsi B karena pada intinya saat melakukan serangan harus mengetahui arah kemana tujuan serangan. Opsi A, gerakan merupakan suatu perubahan tubuh dalam upaya memindahkan badan menggunakan beberapa anggota tubuh. Opsi C, langkah kaitannya dengan perubahan gerakan kaki. Opsi D, pukulan hanya dilakukan untuk upaya menyerang tidak digunakan bertahan.
  • No. 3 jawaban ada pada opsi C karena perubahan posisi tubuh kaitannya dengan menggunakan organ kaki adalah pengertian dari melangkah. Opsi A adalah variasi dari gerakan melangkah begitu juga opsi B dan D.
  • No. 4 jawaban ada pada opsi D karena gerakan tersebut adalah upaya tubuh untuk berpindah dari arah sasaran pukulan/serangan yang dilakukan oleh lawan. Opsi A dilakukan untuk mengarahkan pukulan atau tendangan ke lawan. Opsi B dilakukan tanpa memindahkan arah sasaran begitu juga opsi C.
  • No. 5 jawaban ada pada opsi C karena dilakukan dengan kontak langsung anggota tubuh tanpa memanipulasi arah serangan. Opsi A dilakukan bukan untuk membela tetapi untuk menyerang. Opsi B tidak dilakukan dengan kontak fisik begitu juga opsi D.
  • No. 6 jawaban ada pada opsi A karena serangan dalam pencak silat dilakukan dengan sasaran kepada tubuh lawan dengan menggunakan pukulan (lengan) atau tendangan (kaki). Opsi B bukan untuk mengenai badan lawan, demikian juga opsi C dan D.
  • No. 7 jawaban ada pada opsi A karena pada intinya serangan dengan menggunakan anggota tubuh bagian kaki disebut dengan tendangan. Opsi B sangat sulit dilakukan apabila sasarannya adalah dada, begitu juga opsi C. Sedangkan opsi D menggunakan organ tubuh bagian atas yaitu lengan bukan kaki.
  • No. 8 jawaban ada pada opsi C karena gerakan ini sangat efektif dilakukan untuk menjatuhkan lawan dengan sasaran pusat keseimbangan pada kaki karena dilakukan dengan kedua kaki. Opsi A sangat sulit untuk menjatuhkan kaki karena biasanya dilakukan hanya dengan 1 kaki sehingga kekuatan yang dihasilkan berbeda dengan guntingan. Opsi B sulit menjangkau lawan pada jarak jauh, begitu juga opsi D.
  • No. 9 jawaban ada pada opsi A karena gerakan tersebut adalah upaya memanipulasi arah serangan lawan tanpa kontak fisik dengan merubah arah sasaran serangan lawan dengan memindahkan posisi tubuh. Opsi B adalah suatu pemikiran bukan gerakan, sedangkan opsi C adalah gerakan dengan kontak fisik dan opsi D adalah nama lain dari gerakan mengelak.
  • No. 10 jawaban ada pada opsi A karena sasaran tersebut merupakan bagian tubuh yang sejajar dan paling mudah dengan lengan saat melakukan pukulan. Opsi B merupakan sasaran yang sulit dijangkau saat berhadapan dengan lawan begitu juga opsi C dan D.